Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) Tahun 2021


Tanggal Penting


No Kegiatan Jadwal Link Info
1. Pendaftaran Mahasiswa Baru 10 Mei - 10 Juni 2021 Klik disini
2. Pengumuman Hasil Seleksi 19 Juni 2021 SK SBMPN, Daftar Lulus dan Cadangan
3. Pra - Registrasi Online 20 - 24 Juni 2021 Pengumuman, Pra Registrasi Lulus Lintas Politeknik
4. Pengumuman Validasi/ Verifikasi Berkas 14 Juli 2021 Verifikasi
5. Hasil Verifikasi dan Pendaftaran Ulang 15 - 21 Juli 2021 Daftar Ulang
6. Pembayaran Uang Kuliah/UKT, Asuransi dan Diklat KBN 15 - 21 Juli 2021 Tata Cara Pembayaran
7. Registrasi/Daftar Ulang Calon Mahasiswa Cadangan 27 - 29 Juli 2021 Pengumuman, Lampiran Nama Calon Mahasiswa
8. Diklat KBN Menyusul Pengumuman KBN, Lampiran

Tata Cara Pendaftaran Ulang


A. Pra Registrasi Online


  1. Calon mahasiswa melakukan pra-registrasi secara online pada tanggal 20 sd 24 Juni 2021 pada laman ukt.pnp.ac.id dengan mengisi data dan mengunggah berkas yang diminta ( baca petunjuk baik-baik di laman tersebut).
  2. Dokumen yang diunggah :
    1. Bukti pendaftaran online SBMPN 2021.
    2. Rapor semester 1 sampai 5.
    3. Bukti pendaftaran KIP-kuliah pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id (jika ada)
    4. Sertifikat prestasi yang diperoleh (jika ada).
    5. Surat keterangan penghasilan orang tua/daftar gaji; jika pekerjaan orang tuanya PNS/TNI/ POLRI/BUMN/BUMD/BUMS dari pimpinan kantor/instansi masing-masing.
    6. Surat keterangan tidak mampu/surat keterangan penghasilan bagi pekerjaan orang tuanya selain poin e.
    7. Kartu Keluarga.
    8. Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, Jamkesmas, Jamkesda, BPJS, kartu jaminan sosial lainnya (jika ada).
    9. Surat Keterangan Penerima Bantuan Raskin, dll. (jika ada).
    10. Surat Keterangan Masih Kuliah bagi kakak/adik (jika ada).
    11. Bukti pembayaran listrik/PDAM jika ada.
    12. Foto rumah tampak depan, ruang tengah, kamar mandi/WC/MCK, dapur dan kamar tidur.
    13. Pas photo dengan ketentuan:
      Baju putih polos tidak memakai lambang sekolah, tidak berkacamata, laki-laki berdasi dan bagi wanita yang berjilbab menggunakan jilbab putih, latar belakang foto laki-laki biru dan wanita berlatar merah.
    14. Surat pernyataan (format terlampir) berisi 1. Bebas NAPZA (Narkotika, Alkohol, Psikotropika dan Zat Aditif lainnya); 2. Berbadan sehat (tidak memiliki penyakit yang tidak akan mengganggu proses pembelajaran/praktek); 3. Tidak Buta Warna (khusus untuk yang memilih program studi Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik), 4. Berjanji mematuhi peraturan akademik Politeknik Negeri Padang. Surat Pernyataan di beri materai Rp. 10.000 dan ditandatangani oleh calon mahasiswa serta diketahui oleh orang tua.
  3. Calon mahasiswa yang tidak melakukan registrasi sampai tanggal 24 Juni 2021 dinyatakan mengundurkan diri.

B. Verifikasi Berkas

Berkas yang di unggah ke web pra-registrasi Politeknik Negeri Padang akan di verifikasi dan di validasi untuk menentukan besaran UKT (Uang Kuliah Tunggal) dan penentuan rekomendasi sebagai penerima KIP-Kuliah. Calon mahasiswa akan kehilangan haknya sebagai mahasiswa jika : berkas yang di unggah tidak sesuai dengan data online saat mendaftar SBMPN atau berkas cacat/ada keganjilan yang tidak bisa di pertanggung jawabkan.
Hasil verifikasi/ validasi akan diumumkan pada tanggal 14 Juli 2021 disertai NIM, besaran UKT, status KIP-Kuliah dan Biaya Diklat Kedisiplinan dan Bela Negara (KBN) di https://www.pnp.ac.id dan dilanjutkan dengan proses registrasi. (khusus peserta lulus murni)

C. Pembayaran Uang Kuliah dan Asuransi (Sistem Host to Host)

Calon Mahasiswa yang sudah mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) sesuai pengumuman hasil verifikasi/validasi berkas dapat melakukan pembayaran uang kuliah (UKT), asuransi dan Biaya Diklat Kedisiplinan dan Bela Negara dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Jadwal pembayaran uang kuliah/UKT dan Asuransi Tanggal 15 s/d 21 Juli 2021. Calon mahasiswa di anggap mengundurkan diri jika tidak melakukan pembayaran sampai tanggal 21 Juli 2021.
  2. Mahasiswa yang di nyatakan sebagai penerima program KIP Kuliah tidak melakukan pembayaran UKT hanya melakukan pembayaran uang asuransi dan diklat BKN.
  3. Pembayaran Uang kuliah tunggal (UKT) dan Asuransi dapat di lakukan melalui salah satu cara di bawah ini:
    1. Teller Bank Nagari di Bank Nagari dengan menyebutkan nomor NIM mahasiswa
    2. Melalui ATM Bank Nagari dengan mengikuti langkah berikut :
      • Pilih Menu Pembayaran
      • Pilih Menu Pendidikan
      • Pilih Politeknik Negeri Padang
      • Masukkan Nomor NIM Mahasiswa
      • Jumlah tagihan akan muncul secara otomatis saat transaksi dilakukan
    3. Melalui Mobile Banking Bank Nagari dengan mengikuti langkah berikut :
      • Pilih Menu Pembayaran
      • Pilih Menu Pendidikan
      • Pilih Politeknik Negeri Padang
      • Masukkan Nomor NIM Mahasiswa
      • Jumlah tagihan akan muncul secara otomatis saat transaksi dilakukan
    4. Transaksi melalui Bank Lain (untuk transaksi melalui ATM, Mobile Banking, Internet Banking dan SMS Banking Bank Lain) menggunakan fitur Transfer dengan memasukkan nomor rekening Virtual Account Bank Nagari dengan catatan jumlah yang ditransfer harus sama dengan jumlah tagihan. Cara transfer sebagai berikut:
      • Pilih Menu Transfer,
      • Pilih Menu Bank lain,
      • Masukkan Nominal Transfer (pastikan sama dengan jumlah tagihan)
      • Masukkan Nomor Rekening Virtual Account dengan format seperti contoh di bawahi ini:
      • 118990008XXXXXXXXXX
        Kode Bank Nagari : 118
        Kode PNP : 990008
        XXXXXXXXXX : NIM Mahasiswa
Registrasi Sekarang Kembali

D. Penerimaan Calon Cadangan

Calon lulus cadangan akan diterima bila ada formasi yang belum terpenuhi(lulus murni tidak melakukan registrasi/daftar ulang). Penerimaan berdasarkan nomor urut cadangan yang akan diumumkan tanggal 27 Juli 2021. Pembayaran uang kuliah, asuransi dan diklat KBN peserta lulus cadangan tanggal 27 dan 29 Juli 2021.

E. Ketentuan Lain

  1. Calon yang sudah terdaftar sebagai mahasiswa baru Politeknik Negeri padang harus segera membawa rapor asli saat pertama kuliah. Jika rapor asli tidak sama dengan yang diunggah, maka haknya sebagai mahasiswa baru Politeknik Negeri Padang dibatalkan
  2. Mahasiswa yang sudah mendaftar sebagai mahasiswa penerima KIP- Kuliah, datanya akan diverifikasi kembali saat penetapan di sistem https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/sim, haknya akan dibatalkan sebagai penerima KIP-Kuliah jika tidak memenuhi ketentuan yang sudah ditetapkan pada pedoman KIP-Kuliah (Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 2 tahun 2021 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Program Indonesia Pintar Pendidikan Tinggi).


Info SBMPN Tahun Akademik 2021-2022


Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SBMPN
Politeknik Negeri Padang membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 melalui jalur seleksi SBMPN untuk tamatan SLTA (SMA/MA,SMK) tahun 2021, 2020, 2019 yang berusia tidak lebih dari 22 tahun.


  1. Pendaftaran dilaksanakan secara online dari tanggal 10 Mei - 10 Juni 2021 melalui web https://pmb.pnp.ac.id
  2. Pilihan Program Studi :
    1. Program Studi D3-Teknik Mesin
    2. Program Studi D3-Teknik Sipil
    3. Program Studi D3-Teknik Listrik
    4. Program Studi D3-Teknik Elektronika
    5. Program Studi D3-Teknik Telekokmunikasi
    6. Program Studi D3-Teknik Komputer
    7. Program Studi D3-Manajemen Informatika
    8. Program Studi D3-Teknik Alat Berat
    9. Program Studi D3-Administrasi Bisnis
    10. Program Studi D3-Akuntansi
    11. Program Studi D3-Usaha Perjalanan Wisata
    12. Program Studi D3-Bahasa Inggris
    13. Program Studi Diluar Kampus Utama:
      1. D3-Sistem Informasi Kampus Tanah Datar
      2. D3-Teknologi Sipil Kampus Tanah Datar
      3. D3-Akuntansi Kampus Solok Selatan
      4. D3-Teknik Komputer Kampus Solok Selatan
  3. Biaya Pendaftaran Rp 250.000,-
  4. Seleksi :
Tidak ada pelaksanaan Ujian Seleksi untuk SBMPN, hasil seleksi akan diumumkan tanggal 19 Juni 2021.


Tata Cara Pendaftaran dan Pembayaran
Ikuti Langkah-langkah berikut ini :
  1. Dapatkan Kode PIN SBMPN 2021 melalui web https://pmb.pnp.ac.id
  2. Pembayaran Biaya Pendaftaran ( Rp. 250.000,- )
    • Pembayaran dilakukan dengan menggunakan Kode PIN SBMPN 2021
    • Pembayaran menggunakan Sistem Host to Host dengan cara :
      1. Pembayaran dapat juga melalui Teller Bank Nagari seluruh Indonesia dengan memperlihatkan Kode PIN .
      2. Melalui ATM Bank Nagari dengan mengikuti langkah berikut :
        • Pilih Menu Pembayaran
        • Pilih Menu Pendidikan
        • Pilih Politeknik Negeri Padang
        • Masukkan Nomor PIN Pendaftaran
      3. Melalui Mobile Banking Bank Nagari dengan mengikuti langkah berikut :
        • Pilih Menu Pembayaran
        • Pilih Menu Pendidikan
        • Pilih Politeknik Negeri Padang
        • Masukkan Nomor PIN Pendaftaran
      4. Transfer melalui ATM (Bersama, Mandiri, Prima) :
        • Pilih Menu Transfer,
        • Pilih Bank Tujuan Transfer, pilih ke Rek Bank lain,
        • Masukkan Kode Bank (118)
          – Kode Politeknik (990008)
          – Kode PIN:
          Contoh : 118990008xxxxxxxxxx (Kode PIN )
        • Ketik Jumlah Transfer
  3. Buka kembali https://pmb.pnp.ac.id, Klik Pendaftaran SBMPN kemudian login dengan mengentrikan Kode PIN SBMPN 2021.
  4. Isilah Data Calon Peserta sesuai dengan petunjuk yang ada dengan benar.
  5. Cetak dan tandatangani Kartu Tanda Peserta.
  6. Simpan dan bawalah Kartu tersebut pada saat verifikasi dan validasi data beserta kartu identitas seperti KTP/Kartu Siswa/SIM/Ijazah/SKHU.
Daftar Disini Kembali


Peta Lokasi

Hubungi Kami
Politeknik Negeri Padang

Jl. Kampus Limau Manis, Kec. Pauh, Kota Padang - 25164 - Sumatera Barat

Telp : 0751 - 72590

Fax : 0751 - 72576

Email : pmb[a]pnp.ac.id

^Kembali keatas^