Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2021


Informasi Penting


No Keterangan Jadwal Link Info
1. Pengumuman Terkait SNMPTN 2021 22 Maret 2021 Pengumuman, Perpanjangan, Lulus SNMPTN 2021 Politeknik Negeri Padang
2. Pra Registrasi Online 25 Maret - 4 April 2021 Klik disini
3. Verifikasi Berkas 16 April 2021 Pengumuman Lulus Verifikasi, Lampiran Pengumuman
4. Registrasi/Daftar Ulang 20 - 25 April 2021 Tata Cara Registrasi, Alur Registrasi, Tabel UKT
5. Mahasiswa Jalur Prestasi 25 Maret - 4 April 2021 Informasi
6. Pembayaran Biaya Diklat Kedisiplinan dan Bela Negara 10 - 17 Mei 2021 Tata Cara Pembayaran
7. Persiapan Pelaksanaan Diklat Kedisiplinan dan Bela Negara (KBN) Gel - I Kamis 15 Juli 2021 Pengumuman
8. Pelaksanaan Diklat Kedisiplinan dan Bela Negara (KBN) Gel - I 16 - 21 Juli 2021 Pengumuman, Penundaan KBN

Ketentuan dan Tata Cara Pendaftaran


Pra-Registrasi Online


  1. Calon mahasiswa melakukan pra-registrasi secara online pada tanggal 25 sd 31 Maret 2021 (diperpanjang Hingga 4 April 2021) pada laman ukt.pnp.ac.id dengan mengisi data dan mengunggah berkas yang diminta ( baca petunjuk baik-baik di laman tersebut).
  2. Dokumen yang diunggah :
    1. Bukti pendaftaran online SNMPTN 2021.
    2. Rapor semester 1 sampai 5.
    3. Bukti pendaftaran KIP-kuliah pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id (jika ada)
    4. Sertifikat prestasi yang diperoleh (jika ada), sesuai dengan prestasi yang diisi pada saat pendaftaran online SNMPTN.
    5. Surat keterangan penghasilan orang tua/daftar gaji; jika pekerjaan orang tuanya PNS/TNI/ POLRI/BUMN/BUMD/BUMS dari pimpinan kantor/instansi masing-masing.
    6. Surat keterangan tidak mampu/surat keterangan penghasilan bagi pekerjaan orang tuanya selain poin e.
    7. Kartu Keluarga.
    8. Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, Jamkesmas, Jamkesda, BPJS, kartu jaminan sosial lainnya (jika ada).
    9. Surat Keterangan Penerima Bantuan Raskin, dll. (jika ada).
    10. Surat Keterangan Masih Kuliah bagi kakak/adik (jika ada).
    11. Bukti pembayaran listrik/PDAM jika ada.
    12. Foto rumah tampak depan, ruang tengah, kamar mandi/WC/MCK, dapur dan kamar tidur.
    13. Pas photo dengan ketentuan:
      Baju putih polos tidak memakai lambang sekolah, tidak berkacamata, laki-laki berdasi dan bagi wanita yang berjilbab menggunakan jilbab putih, latar belakang foto laki-laki biru dan wanita berlatar merah.
    14. Surat pernyataan (format terlampir) berisi 1. Bebas NAPZA (Narkotika, Alkohol, Psikotropika dan Zat Aditif lainnya); 2. Berbadan sehat (tidak memiliki penyakit yang tidak akan mengganggu proses pembelajaran/praktek); 3. Tidak Buta Warna (khusus untuk yang memilih program studi Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik), 4. Berjanji mematuhi peraturan akademik Politeknik Negeri Padang. Surat Pernyataan di beri materai Rp. 10.000 dan ditandatangani oleh calon mahasiswa serta diketahui oleh orang tua.
  3. Calon mahasiswa yang tidak melakukan registrasi pada tanggal tersebut (poin 1) dinyatakan mengundurkan diri.

Verifikasi Berkas

Berkas yang di unggah ke web pra-registrasi Politeknik Negeri Padang akan di verifikasi dan di validasi. Calon mahasiswa akan kehilangan haknya sebagai mahasiswa jika : berkas yang di unggah tidak sesuai dengan data online saat mendaftar SNMPTN atau berkas cacat/ada keganjilan yang tidak bisa di pertanggung jawabkan.
Calon mahasiswa yang lolos verifikasi/validasi akan diumumkan pada tanggal 16 April 2021 disertai NIM, besaran UKT dan status KIP-Kuliah di https://www.pnp.ac.id, dan dilanjutkan dengan proses registrasi.

Tata Cara Registrasi/Daftar Ulang dan Pembayaran

Menindaklanjuti pengumuman nomor: 479/PL9/DL/2021 tentang tata cara pendaftaran ulang calon mahasiswa Politeknik Negeri Padang yang diterima melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun akademik 2021/2022. Berdasarkan hasil verifikasi data calon mahasiswa yang telah melakukan proses pra-registrasi yang dilaksanakan pada tanggal 25 sd 31 Maret 2021 kemudian di perpanjang sampai dengan 4 April 2021 berdasarkan pengumuman nomor : 480/PL9/DL/2021 tentang perpanjangan jadwal pra registrasi calon mahasiswa baru Politeknik Negeri Padang yang di terima melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di https://ukt.pnp.ac.id, untuk pelaksanaan proses registrasi/daftar ulang di sampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Proses Registrasi/ Daftar Ulang (Alur Registrasi)
  2. Hanya nama calon mahasiswa yang terlampir pada pengumuman ini yang dapat melakukan registrasi/daftar ulang dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Jadwal registrasi/daftar ulang Tanggal 20 s/d 25 April 2021. Calon mahasiswa dianggap mengundurkan diri jika tidak melakukan registrasi/daftar ulang sampai tanggal 25 April 2021, rincian pembayaran:
      • Uang Kuliah Tunggal (Jumlah pembayaran terlampir) pembayaran paling lambat tgl 25 April 2021
      • Dana Asuransi Rp 60,000,- (untuk 4 tahun) pembayaran paling lambat tgl 25 April 2021.
      • Biaya Diklat Kedisiplinan dan Bela Negara Rp 950,000 (pembayaran tanggal 10 sd 17 Mei 2021, tata cara pembayaran akan di beritahukan pada tanggal 6 Mei 2021 di https://penerimaan.pnp.ac.id
    2. Calon mahasiswa yang di nyatakan sebagai penerima program KIP Kuliah tidak melakukan pembayaran UKT hanya melakukan pembayaran dana asuransi
    3. Pembayaran Uang kuliah tunggal (UKT) dan Asuransi dapat di lakukan melalui salah satu cara di bawah ini:

    4. Mohon Perhatian : Pembayaran UKT dan Asuransi di pisah, (lakukan pembayaran UKT terlebih dahulu setelah transaksi sukses kemudian lakukan pembayaran asuransi) Jika di lakukan bersamaan atau di gabung maka transaksi pembayaran tidak di terima sistem), berakibat status registrasi gagal.

      1. Teller Bank Nagari di Bank Nagari dengan menyebutkan nomor NIM/ No. BP mahasiswa
      2. Melalui ATM Bank Nagari dengan mengikuti langkah berikut :
        • Pilih Menu Pembayaran
        • Pilih Menu Pendidikan
        • Pilih Politeknik Negeri Padang
        • Masukkan Nomor NIM Mahasiswa
        • Jumlah tagihan akan muncul secara otomatis saat transaksi dilakukan
      3. Melalui Mobile Banking Bank Nagari dengan mengikuti langkah berikut :
        • Pilih Menu Pembayaran
        • Pilih Menu Pendidikan
        • Pilih Politeknik Negeri Padang
        • Masukkan Nomor PIN Pendaftaran
        • Jumlah tagihan akan muncul secara otomatis saat transaksi dilakukan
      4. Transaksi melalui Bank Lain (untuk transaksi melalui ATM, Mobile Banking, Internet Banking dan SMS Banking Bank Lain) menggunakan fitur Transfer dengan memasukkan nomor rekening Virtual Account Bank Nagari dengan catatan jumlah yang ditransfer harus sama dengan jumlah tagihan. Cara transfer sebagai berikut:
        • Pilih Menu Transfer,
        • Pilih Menu Bank lain,
        • Masukkan Nominal Transfer (pastikan sama dengan jumlah tagihan)
        • Masukkan Nomor Rekening Virtual Account dengan format seperti contoh di bawahi ini:
        • 118990008XXXXXXXXXX
          Kode Bank Nagari : 118
          Kode PNP : 990008
          XXXXXXXXXX : NIM Mahasiswa
    5. Bukti pembayaran UKT dan Asuransi, mohon di simpan baik-baik.
  3. Cek Status Registrasi/Terdaftar

    Setelah melakukan pembayaran ukt dan asuransi secara otomatis status calon mahasiswa baru sudah terdaftar sebagai mahasiswa Politeknik Negeri Padang, khusus mahasiswa penerima program KIP kuliah hanya membayar uang asuransi saja. Pengecekan status terdaftar di lakukan di laman https://sireg.pnp.ac.id . klik sign kemudian masukan NIM. Maka status mahasiswa akan keluar. Jika status nya belum terdaftar klik detail lihat penyebab belum terdaftarnya. Apabila ada kasus belum terdaftar setelah melakukan pembayaran hubungi 08126632266, 085364613265.

  4. Jika status sudah terdaftar kemudian mahasiswa melengkapi data diri di web http://siak.pnp.ac.id dengan Username adalah NIM, password adalah 12345678, disarankan mengganti password setelah mengisi data (mohon di ingat/catat password yang di ganti).

Ketentuan Lain

  1. Mahasiswa yang sudah di umukan sebagai mahasiswa penerima KIP-Kuliah, data nya akan di verifikasi kembali saat penetapan di sistem https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id , haknya akan di batalkan sebagai penerima KIP-Kuliah jika tidak memenuhi ketentuan yang sudah di tetapkan pada pedoman KIP-Kuliah.
  2. Calon yang sudah terdaftar sebagai mahasiswa baru Politeknik Negeri Padang harus membawa rapor asli dan sertifikat asli saat pertama kuliah. Jika rapor, sertifikat dan berkas lainnya tidak sama dengan yang diunggah, maka haknya sebagai mahasiswa baru Politeknik Negeri Padang di batalkan.

Pendaftaran Mahasiswa Jalur Prestasi (Pemenang Olimpiade Akuntansi)

Untuk mahasiswa pemenang olimpiade akuntansi yang di selenggarakan Politeknik Negeri Padang, yang telah mengirimkan sertifikat dan surat pernyataan, prosedur pendaftaran ulang sama dengan calon mahasiswa yang di terima melalui jalur SNMPTN.



Peta Lokasi

Hubungi Kami
Politeknik Negeri Padang

Jl. Kampus Limau Manis, Kec. Pauh, Kota Padang - 25164 - Sumatera Barat

Telp : 0751 - 72590

Fax : 0751 - 72576

Email : pmb[a]pnp.ac.id

^Kembali keatas^